fbpx

Panduan Digital Marketing Pemula: Memahami Dasar Dasar Pemasaran Digital

Ariesh Ben

Panduan Digital Marketing Pemula

Di dunia pemasaran online yang kian melesat ini, digital marketing jadi trend yang wajib dikuasai. Nah, buat para digital marketing pemula, nggak ada alasan untuk panik! Kamu harus paham dasar-dasar digital marketing ini kayak anak kecil yang belajar berjalan. Soalnya, ilmu ini akan jadi senjata rahasiamu dalam memasuki dunia digital marketing yang penuh dengan algoritma gila-gilaan.

Jika Anda digital marketing pemula, ada begitu banyak hal yang akan bikin kepalamu berputar-putar kayak komedi putar yang penuh cahaya. Ada iklan online yang berkilau seperti bola disko yang bikin mata melotot, konten marketing yang nggak ada matinya kayak guyonan seru yang bikin perutmu kram.

Ada media sosial alias SMM (Social Media Marketing) yang bisa bikin kamu jadi selebgram paling hits di dunia maya walau kamu adalah digital marketing pemula. Website yang bakal jadi rumah virtualmu yang bikin orang-orang seneng mengunjungi, dan jangan sampai lupa SEO (Search Engine Optimization) yang bakal jadi tiket masukmu ke dalam ‘genggaman’ mesin pencari yang misterius.

Pusing? masih bingung? Tenang saja, kita akan membahas semua ini satu per satu, seperti mengurai benang kusut yang terjebak dalam jaring laba-laba.

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing itu kalau diibaratkan seperti pesulap pada pemasaran digital di internet yang menghipnotis audiens dengan trik-trik sulapnya! Tapi sebenarnya apa itu Digital Marketing ?

A. Definisi digital marketing

Digital Marketing alias pemasaran digital adalah senjata rahasia para ahli pemasaran untuk menaklukkan dunia maya! Mereka menggunakan segala macam media digital seperti situs web, media sosial, email, hingga mesin pencari untuk mencari dan menentukan target audiens mereka secara tepat dengan pesan yang bikin terpesona.

Digital Marketing punya kemampuan untuk mengukur dan melacak hasil dengan lebih presisi, seperti detektif yang mengikuti jejak digital. Oh, bukan hanya itu, ada lagi! Digital Marketing juga punya trik interaksi dua arah dengan audiens, jadi kamu bisa langsung merespons mereka dan memberikan pengalaman yang bikin mereka terkesima!

B. Mengapa digital marketing menjadi populer dan efektif

Mungkin disebabkan gara-gara teknologi terus berkembang pesat, dan perilaku konsumen yang berubah-ubah kayak cuaca membuat digital marketing semakin populer. Dan semakin banyak orang yang nongkrong di dunia maya, digital marketing menjadi efektif untuk para pelaku pemasaran karena bisa melihat peluang emas untuk mengejar mereka di sana.

Pemasaran digital punya kelebihan super, seperti fleksibilitas untuk mengatur target dan anggaran pemasaran sesuai selera, jadi nggak usah khawatir kehabisan modal. Plus, ada banyak alat dan trik canggih, seperti cara tembak sasaran dengan tepat (menemukan target audience) dengan pesan yang personal banget, dan analisis datanya yang lebih dalam dari misteri alam semesta.

Ini adalah senjata rahasia untuk membuat pemasaran online kamu makin keren dan bikin pengalaman konsumen jadi apik banget.

Dasar Dasar Digital Marketing

Seperti orkestra besar yang sedang memainkan musik di arena pemasaran online, ada banyak alat musik yang saling berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang gemilang. Begitu juga dengan digital marketing juga membutuhkan alat atau media digital untuk mencapai tujuannya.

digital marketing pemula

Ada SEO yang seperti detektif menyelidiki rahasia mesin pencari untuk merangkingkan posisi teratas website kamu, SMM (Social Media Marketing) di media sosial yang seperti bintang pop yang bikin heboh di jagat maya dengan konten yang seperti guru pencerita dengan cerita-cerita menarik.

Ada juga iklan online (Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dsb) yang seperti promosi panggung dengan kilauan yang memikat, email marketing yang seperti pesan rahasia yang nyamperin langit-langit inbox dengan analisis data yang seperti ahli matematika yang mengurai angka-angka misterius, dan masih banyak lagi.

Untuk mencapai keberhasilan di dunia pemasaran digital, kamu butuh strategi digital marketing dan taktik yang mampu membuat audiensmu jatuh cinta padamu. Nah, alat pertama yang bisa kamu gunakan adalah harus memiliki website atau landing page, supaya bisa membuat konten pemasaran yang bisa bikin mereka tertawa sampai meringis.

Namun, kamu juga bisa melakukan strategi digital marketing secara organik dengan strategi SMM (Social Media Marketing) di beberapa platform media sosial dan tentunya kamu harus konsisten untuk membuat konten dan posting.

Selanjutnya adalah tentang target audiens yang seperti bintang dalam pertunjukan online yang tak boleh diabaikan. Kita perlu mengerti mereka (audience) dengan baik, dengan memberikan solusi dari masalah mereka. Mengidentifikasi siapa mereka, apa kebutuhan dan keinginan mereka, dan juga pentingnya memahami buyer persona.

Buyer Persona ini kayak karakter fiksi yang jadi panduan kamu dalam membuat strategi pemasaran yang membuat mereka terpesona dan terhubung secara pribadi. Ini seperti jadi sutradara di panggung pribadi mereka.

Jenis jenis Digital Marketing

Secara spesifik ada beberapa jenis-jenis digital marketing yang muncul seiring berkembangnya teknologi akhir akhir ini. Namun disini kami akan berikan yang secara intinya sering digunakan dan dilakukan oleh kebanyakan orang dalam promosi di pemasaran digital.

jenis jenis digital marketing

1. SSM (Social Media Marketing)

Menggali dunia ajaib media sosial, di mana Facebook, Instagram, Twitter, dan platform media sosial lainnya yang bisa menghubungkan kamu dengan target audiensmu. Dengan begitu, melibatkan penggunaan platform media sosial bisa untuk menarik pelanggan dengan berinteraksi membangun hubungan positif.

Hingga tulisan artikel ini ditulis, ada platform media sosial baru muncul yang sangat menarik, yaitu Threads. Kamu bisa mencobanya.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Nah, kalau tujuan digital marketing kamu buat menarik ribuan pengunjung ke situs websitemu, kamu harus bisa menggunakan si Mesin Pencari ini dengan trik-trik SEO yang memikat.

Itu kayak jadi tukang kunci yang harus punya kata kunci (keyword) yang bener-bener ‘relate’ supaya si Mesin Pencari langsung terpana, dan jangan lupa, backlink berkualitas juga penting banget untuk bikin situs webmu jadi populer di mata si Mesin Pencari yang cerdas ini! Jadi, siap-siaplah untuk menggali rahasia SEO dan menaklukkan si Mesin Pencari dalam petualangan SEO yang penuh misteri ini.

3. PPC (Pay-Per-Click) Advertising

Di sini, kamu akan berhadapan dengan istilah PPC (Pay Per Click). Dalam konteks Advertising, sebagai pengiklan kamu harus siap mengeluarkan uangmu untuk setiap orang yang mengunjungi website kamu (website yang diiklankan).

Kamu dapat memilih sendiri tarif per klik atau mengikuti saran dari platform Ads tersebut. Iklan pada situs web Anda akan tampil lebih sering di halaman teratas dengan biaya per klik yang lebih tinggi.

4. Email Marketing

Email marketing bisa membantu kamu membuat pemasaran digital dengan email yang super menarik, pesan yang disampaikan juga bisa personal banget. Ini seperti seperti perjalanan melintasi lubang cinta menuju hubungan pribadi dengan pelangganmu.

Jadi Email Marketing itu salah satu strategi digital marketing yang cara promosinya menggunakan email sebagai media digital marketing.

5. Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing, kamu bakal jadi agen yang canggih dan misterius yang menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan atau pebisnis lain. Dan tugas utamamu adalah mendatangkan trafik untuk dapetin komisi dari setiap transaksi yang berhasil kamu bawa.

Jadi begini, kamu tinggal pasang link affiliasi kamu di situs webmu atau bagi-bagikan di media sosial. Nah, kalau ada orang yang iseng-iseng ngeklik link tautanmu dan akhirnya melakukan transaksi, kabar baik buat kamu! Kamu bakal dapetin komisi dengan senyum lebar dari pemilik produk yang kamu promosikan tadi.

3 Cara Memulai Digital Marketing untuk Pemula

digital marketing untuk pemula

1. Identifikasi tujuan dan target audiens

Langkah pertama yang harus kamu lakukan itu adalah menentukan tujuanmu dengan jelas, apakah itu untuk menaikkan penjualan, bikin brand / merekmu terkenal sampai ke ujung dunia, atau menculik lebih banyak pengunjung untuk mampir ke situs website (mendatangkan traffic).

2. Membuat strategi digital marketing yang efektif

Setelah itu, kita harus mempelajari audiens kita seperti agen rahasia yang sedang memecahkan kasus besar! Kita perlu tahu demografi mereka, kebutuhan dan keinginan mereka, dan di mana mereka bersembunyi. Mereka seperti puzzle yang harus kita rangkai. Kalau kamu bingung cara merangkainya, tenang,. ada strategi digital marketing dari LBM yang akan membantu kamu mencari potongan-potongan puzzle itu dengan canggih!

3. Saatnya Mengoptimalkan Digital Marketing

Setelah semua itu, saatnya merancang strategi pemasaran digital yang bikin ‘wow’! Kamu harus pilih jalur pemasaran digital yang sesuai dengan target audiensmu, bikin konten yang relate dengan isi pesan yang bikin mereka ngangguk-ngangguk setuju, dan jangan lupa bikin jadwal kegiatan pemasaranmu seperti jadwal tur konser superstar!

Mungkin kamu akan membangun dan mengoptimalkan situs website kamu biar kelihatan kinclong untuk mendatangkan banyak trafik dan mendapatkan database, main media sosial dengan gaya ala selebgram, nyetir kampanye iklan PPC dengan jempolmu yang piawai, atau bahkan mulai menjalani petualangan email marketing.

Alat dan Sumber Daya Digital Marketing Pemula yang Harus Diketahui.

pemasaran digital

Kami akan memberikan rekomendasi alat-alat yang bisa jadi sahabat setiamu dalam pertempuran di pemasaran digital, agar kamu bisa mengambil manfaat maksimal dari alat-alat tersebut demi meraih kemenangan gemilang!

Dalam dunia pemasaran digital ini, terdapat alat-alat canggih yang bisa jadi ‘senjata ajaib’ bagi pemula seperti kamu. Ada si Google Analytics yang bisa mengurai data seperti seorang detektif ulung, Hootsuite yang bisa mengatur media sosialmu seperti ‘bos kece’, Mailchimp yang bisa mengirim pesan cinta dalam bentuk email, dan masih banyak lagi!

Tapi ingat, itu belum semuanya! Ada sumber daya tambahan lain seperti blog, forum, dan kursus online seperti LBM yang bisa membuatmu jadi ‘profesor’ pemasaran digital.

Kesimpulan

Pemasaran digital itu kayak petualangan yang tak terbatas, di mana kamu bisa mengejar target audiensmu, membangun brand-mu seperti bangunan tinggi yang mencuri perhatian, dan mencetak gol sukses untuk bisnismu!”

Jangan takut untuk memulai, pahami dasar-dasar digital marketing dengan semangat belajar yang membara, kamu bisa melejit dengan percaya diri! Dan kamu harus siap menghadapi tantangan, terus belajar untuk berkembang dalam dunia digital marketing ini yang berubah-ubah algoritmanya kayak bunglon.

Jika masih bingung dan terus bertanya-tanya, ‘Aku harus mulai dari mana?’ Jangan khawatir, ada kursus online LBM yang bisa jadi penyelamatmu!

listbuilding

Di kursus ini, kamu bakal dapet pemahaman mendalam tentang dasar-dasar digital marketing yang bikin kepalamu berputar, strategi-strategi yang bikin para pesaingmu meringis, alat-alat pendunkung dan sumber daya penting lainnya kayak ‘power-up’ dalam game, dan tentunya keterampilan-keterampilan yang akan bikin kamu jadi pemenang di medan pertempuran pemasaran digital.

Jadi, siapkan dirimu untuk memulai petualangan epik dalam digital marketing dengan bergabung bersama temanmu yang lainnya di LBM sekarang juga.

Tinggalkan komentar